Selasa, 02 Februari 2016

Proll Tape Spesial


 

Proll tape ini termasuk kue yang jarang aku makan. Seringnya sih, makannya cake atau bolu tape. Btw apa sih bedanya proll tape dan cake/bolu tape ? Sependek pengetahuan aku, kalau proll tape, pemakaian tape-nya banyak, bisa sampai 1 kg dalam 1 resep, jadi tekstur kue-nya padat, berat, dominan banget rasa tape-nya. Kalau cake/bolu tape pemakaian tape-nya sedikit, umumnya berkisar antara 100-300 gr dalam 1 resep. Teksturnya kue-nya jadinya ringan, umumnya bolu, rasa tape-nya hanya samar. CMIIW....
 

Karena penasaran dengan proll tape, akhirnya saat kemarin ke pasar di niatin beli tape dan kebetulan ada (biasanya susah banget cari tukang tape, kecuali di supermarket). Resepnya aku pakai resep proll tape spesial-nya Pak Sahak Pribadi yang aku dapat dari FB Group. Berikut resepnya :

PROLL TAPE SPESIAL
By : Sahak Pribadi

Bahan :
1.      4 butir telur
2.      100 gr gula pasir
3.      100 gr terigu medium
4.      30 gr custard powder
5.      125 gr margarine + 125 gr butter unsalted, dicairkan tapi jangan sampai berminyak (atau bisa 250 gr margarine saja).
6.      500 gr tape singkong kuning, empuk tidak basah
7.      50 gr SKM
8.      2 butir kelapa muda, kerok ambil dagingnya (optional) - aku skip
9.      150 gr kismis yang sudah direndam sampai empuk
10.  150 gr kenari cincang - aku skip
11.  1 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat :
1.      Haluskan tape singkong bersama SKM, buang seratnya.
2.   Kocok, telur, gula, terigu, custard powder sampai setengah mengembang. Lalu masukkan tape singkong, aduk.
3.      Masukkan kelapa muda, kismis, kenari cincang, kayu manis, aduk rata
4.      Masukkan margarine cair, aduk rata
5.      Tuang ke loyang 20x20x3 yang sudah dilapisi kertas roti
6.      Panggang dengan panas 170C selama 20 menit.
7.      Angkat, poles dengan kuning telur, taburkan sisa kenari dan kismis
8.      Panggang kembali sampai berwarna kecoklatan.
9.      Angkat dan dinginkan

Jujur aku gak yakin, proll tape ku ini udah bener atau belum... ^-^... dan satu lagi... hitam-hitam pada gambar bukan hangus ya, tapi bubuk kayu manis yang ditaburkan dengan seenaknya, sehingga gak rata... hihihihi...

Selamat mencoba...

Sanida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar