Senin, 01 Februari 2016

Bolu Kukus Mekar


Alhamdulillah bolu kukus nya ngakak... Bolu kukus sebanyak 50 pcs ini pesanan customer di Bintaro. Biasanya aku pakai air soda kalau buat bolkus, tapi kali ini aku ganti pakai susu cair. Alhamdulillah ngakak juga, dan yang pasti lebih sehat.....


Resepnya aku udah cocok pakai resep Bunda Nina, berikut aku tuliskan resepnya :

Bolu Kukus Mekar 

Bahan :
1. 500 gr terigu serbaguna
2. 450 gr gula pasir
3. 4 butir telur
4. 1,5 sdt baking powder
5. 1 sdm emulsifier (aku pakai 0,5 sdm )
6. 300 ml air soda (aku pakai susu UHT Ultra plain)
7. 1 sdt pasta coklat (aku pakai coklat bubuk bensdorp). Untuk yang warna hijau, aku pakai pasta pandan

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak.
2. Campur semua bahan dan kocok hingga mengembang dan kental.
3. Atau bisa juga dengan mengocok terlebih dahulu telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental. Baru masukkan terigu bergantian dengan air soda (susu). 
4. Sisihkan 1 mangkok adonan, beri pasta, aduk hingga rata.
5. Siapkan papercup, letakkan dalam cetakan bolu kukus (aku pakai cetakan muffin).
6. Tuang adonan putih hingga 3/4 penuh, beri adonan coklat / hijau, tuang kembali adonan putih hingga papercup penuh.
7. Kukus dengan api besar selama 15 menit

Note :
1. Pastikan kukusan sudah benar-benar panas saat adonan masuk.
2. Jangan mengisi air terlalu tinggi / banyak, karena cipratan air yang mengenai dasar cetakan, akan membuat bagian bawah kue menjadi bantet.
2. Jangan terlalu banyak memasukkan cetakan dalam satu kukusan. Biar kue bisa mekar dengan cantik.
3. Alasi tutup kukusan dengan serbet, agar tetesan air tidak membasahi adonan.

Selamat mencoba..

Sanida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar